Pasang Iklam Murah
Rabu, 12 Oktober 2011
10 TIPS MENGHILANGKAN SAKIT KEPALA


Sungguh sangat beruntung jika seumur hidup anda tidak pernah terserang sakit kepala, karena anda termasuk 10% dari populasi manusia di dunia yang tidak pernah sakit kepala. Data menunjukkan bahwa 90% populasi manusia pernah mengalami gangguan ini sekali atau dua kali dalam setahun. Sakit kepala juga menjadi alasan terbanyak kedua seseorang untuk mengunjungi dokter.
Sakit kepala (headaches) yang secara medis dkenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala, kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala.
Ada banyak obat sakit kepala dijual di luar sana.  Namun jika anda mengetahui bahwa pada dasarnya obat-obatan kimia adalah racun bagi tubuh, mengapa anda tidak mencoba untuk menyingkirkan sakit kepala secara alami dan tanpa obat-obatan.
Berikut adalah 10 tips tentang cara untuk menyingkirkan sakit kepala secara alami.  Anda mungkin harus mencoba salah satu atau dua metode yang berbeda sebelum Anda menemukan satu yang pas buat sakit kepala Anda. Perlu diketahui bahwa sakit kepala  disebabkan oleh berbagai faktor, sehingga salah satu metoda yang pernah anda coba dan berhasil belum tentu cocok untuk sakit kepala berikutnya.  Simpanlah daftar ini, siapa tahu akan berguna kelak :
1.      Minum Air:   Ini satu lagi alasan mengapa Anda dianjurkan minum 8 gelas sehari. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab terbesar timbulnya sakit kepala. Saat tubuh tidak mendapat cukup air, maka tubuh mulai menyimpan cairan yang sudah ada dan memberi sinyal ‘kehausan’, di antaranya lewat sakit kepala atau migrain.
Berita baiknya adalah dengan minum, Anda bisa merasa sedikit lebih baik. Jadi, agar kondisi tubuh tetap seimbang dan terjaga, maka minumlah 8-10 gelas air setiap harinya.  Namun, jangan berlebihan juga, karena cairan berlebih dalam tubuh bisa mengurangi kadar elektrolit dan sodium dalam tubuh
2.      Makanan ringan : Anda baru pulang dari kantor, dan kepala Anda terasa seperti habis ditinju. Anda baru sadar bahwa sudah berjam-jam lamanya Anda tidak mengisi perut hari itu. Saat tubuh tidak mendapat masukan makanan, tingkat gula darah menjadi labil, sehingga menyebabkan timbulnya sakit kepala. Ini merupakan cara tubuh untuk mengatakan, “Beri aku makan.  Aku kelaparan!”. Ambillah makanan kecil seperti apel, misalnya, untuk meredakan sakit kepala dan membawa tingkat gula darah Anda kembali normal. Tolak godaan untuk mencomot permen, karena kandungan gulanya bisa mengagetkan dan malah mengacaukan kadar gula Anda.
3.       Aromaterapi: Minyak atsiri seperti rosemary, lavender dan chamomile memiliki aroma menenangkan dan sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Terapkan secara langsung ke dahi Anda, kuil dan leher untuk bantuan instan, Anda juga dapat menempatkan beberapa tetes ke vaporizer dan menyimpannya di dekat tempat tidur untuk mengurangi sakitnya.
4.      Kafein : Selain bisa membuat mata ngantuk agar tetap melek, ternyata kopi memiliki keuntungan lain, yaitu kandungan kafeinnya bisa mengontrol rasa sakit kepala. Selain itu, kafein juga bisa mempermudah penyerapan obat migrain. Tak hanya itu, kafein juga mampu mengekang serangan sakit kepala dengan menarik/ mengerutkan pembuluh darah. Namun, meski begitu, bagi beberapa orang, kafein justru malah bisa menimbulkan sakit kepala. Jadi konsumsi dengan hati-hati.
 5.      Ice Pack: Kantong es akan membuat mati rasa daerah yang sakit dan mengurangi rasa sakit kepala Anda. Anda juga dapat menggunakan kain dingin atau kompres.
 6.      Hot shower: Jika es tidak membantu, coba yang hangat.  Mandi air hangat dapat mengendurkan otot dan pembuluh darah, sehingga darah Anda kembali mengalir lancar.
7.      Olahraga : Jika Anda sering mengalami sakit kepala dan memerlukan pengobatan secara berkala, maka olah raga merupakan caranya. Saat Anda aktif bergerak, Anda meningkatkan stamina, mengurangi stres, dan bisa tidur lebih nyenyak. Semakin keras latihannya, misalnya seperti jogging, jalan cepat, berenang, maka semakin hilang rasa sakit yang timbul akibat tegangan di kepala. Namun, jika Anda mengalami migrain, latihan keras macam ini hanya akan memperburuk keadaan.  Jadi kenali baik-baik jenis sakit kepala Anda.
8.      Seks :  Berapa kali Anda menolak ajakan mesra pasangan karena sedang menderita pusing?! Jika sering, maka sekarang Anda perlu mengubah keputusan itu, apalagi jika Anda ingin segera sembuh dari pusing tersebut. Seks bisa melepaskan rasa sakit yang menghantam kepala seseorang. Sebab endorpin dan hormon pereda rasa sakit lain turut dilepaskan selama orgasme, sehingga bisa membuat seseorang merasa rileks dan lebih tenang. Meski begitu, efek pengobatan dengan cara ini memang sebentar saja.
9.      Tidur: Coba berbaring dengan mata tertutup, jangan membaca atau melihat melalui majalah karena ini akan menambah beban lebih pada mata Anda dan bisa memperburuk keadaan. Kemungkinannya adalah, ketika Anda bangun, Anda akan sakit gratis.
10.  Massage: Pijat mendalam, kuil leher dan bahu mungkin semua yang Anda butuhkan untuk mengambil rasa sakit pergi.
Semoga berguna!
Source : How To Get Rid Of Headaches/berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar